Booking.com menyediakan layanan terbaru melalui bantuan chatbot yang diberi nama Booking Assistant.
Sebagai evolusi terbaru dari platform pesan Booking.com, Booking Assistant menggabungkan antara teknologi Artificial Intelligence dengan dukungan layanan pelanggan Booking.com yang sudah dikenal luas.
Chatbot Booking Assistant dibuat untuk menanggapi pertanyaan pelanggan yang paling sering diajukan. Sistem chatbot saat ini dapat merespon 30% pertanyaan yang berhubungan dengan pelanggan secara otomatis dalam waktu kurang dari 5 menit.
Jika Booking Assistant telah mengidentifikasi sebuah pertanyaan yang tidak dapat dipecahkannya sendiri, sistem tersebut akan mencari bantuan dari tim customer service Booking.com atau properti terkait, menambahkan tanggapan mereka secara langsung ke dalam percakapan. Selain itu, Booking Assistant selalu mengidentifikasi sumber informasi tersebut, sehingga menjadi 100% transparan bagi pelanggan.
“Bagi kami, AI tidaklah mengganti peran manusia, tapi merupakan sebuah alat untuk memfasilitasi pengalaman perjalanan yang lebih personal, langsung, memuaskan, dan lebih mudah untuk konsumen,” kata James Waters, Direktur Layanan Pelanggan Global di Booking.com.
Dengan peningkatan akses terhadap konsumen dan pertanyaan mereka yang paling mendesak, Booking Assistant dengan cepat dikembangkan menjadi lebih canggih. Sekarang Booking.com sedang melatih modelnya untuk memperbaiki jumlah pertanyaan saat ini yang dapat dikelola menjadi lebih dari 90 subtopik spesifik yang dapat diidentifikasi dan ditangani dengan cepat dan tepat.
Booking Assistant dibangun sebagai pengalaman mobile pertama dan telah disesuaikan untuk beroperasi secara lancar di dalam iOS dan versi Android dari aplikasi Booking.com, serta melalui Facebook Messenger. Sistem ini juga bisa diakses melalui situs Booking.com di desktop, mobile atau tablet. Untuk berinteraksi dengan Booking Assistant, pelanggan dapat mencari ikon obrolan dan teks ‘Ajukan Pertanyaan’.